Bersiaplah Menyambut Kedatangan Teknologi 4G


Teknologi 4G

Teknologinya sampai saat ini  belum ada di Indonesia namun beberapa vendor handphone sudah mulai melaunching produk mereka yang support dengan 4G, sebut saja Samsung HTC dengan HTC EVO 4G-nya, iPhone 4G dan beberapa gadget seperti modem keluaran Qualcom  yang akan support dengan teknologi 4G. Apa sebenarnya andalan dari teknologi 4G ini ? Nah, sebelumnya kita review dulu sejarah perkembangan teknologi  nirkabel secara singkat.
Sejarah Perkembangan Teknologi Nirkabel
  • Generasi pertama: hampir seluruh sistem pada generasi ini merupakan sistem analog dengan kecepatan rendah (low-speed) dan suara sebagai objek utama. Contoh: NMT (Nordic Mobile Telephone) dan AMPS (Analog Mobile Phone System).
  • Generasi kedua: dijadikan standar komersial dengan format digital, kecepatan rendah - menengah. Contoh: GSM dan CDMA2000 1xRTT.
  • Generasi ketiga: digital, mampu mentransfer data dengan kecepatan tinggi (high-speed) dan aplikasi multimedia, untuk pita lebar (broadband). Contoh: W-CDMA (atau dikenal juga dengan UMTS) dan CDMA2000 1xEV-DO.
Antara generasi kedua dan generasi ketiga, sering disisipkan Generasi 2,5 yaitu digital, kecepatan menengah (hingga 150 Kbps). Teknologi yang masuk kategori 2,5 G adalah layanan berbasis data seperti GPRS (General Packet Radio Service) dan EDGE (Enhance Data rate for GSM Evolution) pada domain GSM dan PDN (Packet Data Network) pada domain CDMA. 4G merupakan pengembangan dari teknologi 3G. Nama resmi dari teknologi 4G ini menurut IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) adalah "3G and beyond". Sebelum 4G, High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA) yang kadangkala disebut sebagai teknologi 3,5G telah dikembangkan oleh WCDMA sama seperti EV-DO mengembangkan CDMA2000. HSDPA adalah sebuah protokol telepon genggam yang memberikan jalur evolusi untuk jaringan Universal Mobile Telecommunications System (UMTS) yang akan dapat memberikan kapasitas data yang lebih besar (sampai 14,4 Mbit/detik arah turun).
 
Teknologi 3G sendiri belum begitu lama launching di Indonesia, hot-hotnya sekitar tahun 2006. Teknologi ini memungkinkan kita untuk saling bertatapan muka sambil berkomunikasi via HP, berikutnya teknologi 3G berkembang menjadi 3.5G dengan kemampuan HSDPA (High Speed Downlink Packet Access)dan berkembang lagi ke 3.75G lewat teknologi HSUPA (High Speed Uplink Packet Access). Belum begitu lama wara-wiri muncul akan muncul lagi Teknologi nirkabel 4G (4 Generation Technology), apa saja keunggulannya ? Salah satu yang pasti kecepatan access jaringan nirkabel yang bisa mencapai 54 Mbps, bandingkan dengan HSDPA yang hanya mampu maksimal 14.4 Mbps. 

Salah satu teknologi yang akan mendukung 4G ini adalah Wimax , dengan Wimax jaringan 4G akan semakin luas jangkauannya karena 1 node (titik) Wimax bisa menjangkau radius hingga 50 Km sehingga anda bisa online dengan laptop dengan fasilitas WiFi dimana saja dan yang lebih hebatnya lagi teknologi Wimax ini memungkinkan perangkat (HP dan Laptop) dibawa dalam keadaan bergerak dengan kecepatan 150 - 200 Km/Jam sambil melakukan transfer data pada kecepatan 54 Mbps. Hebat bukan ?! Yang lebih utama lagi teknologi ini akan jauh sangat murah dibanding teknologi nirkabel saat ini. Wah, bisa-bisa kedepan Warkop, caffe dsb yang menyediakan fasilitas hotspot gulung tikar nih ;(.


0 comments:

Post a Comment

Pengen Bisnis Online Terpercaya

Daftar di Sini

Kumpul BLogger (Untuk Pemilik Blog/Web)

Adsense Camp (Untuk Pemilik Blog/Web)

Aw Surveys (Membayar Untuk Comment kita

Paypal (untuk bertransaksi di internet)

Co.cc (Tinggal Daftar Saja) Bingung Klik disini

Bigextracash (Affiliate/membayar untuk orang yang kita ajak gabung)

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites