Piala Tahun Ini Adalah Piala Dunia Termahal dalam Sejarah



Kurang dari satu bulan lagi, Piala Dunia termahal sepanjang sejarah akan digelar. Pemerintah Afrika Selatan setidaknya sudah mengeluarkan dana sebesar 6 Milyar Dolar AS atau Rp 55,5 triliun untuk membangun lima stadion baru, merenovasi lima stadion lainnya, membangun bandara dan beberapa jalan raya baru.

Tapi bujet sebesar itu belum merupakan jumlah total pengeluaran. Menurut Danny Jordan, South Africa Local Organising Committee, dirinya belum mengetahui jumlah persis dari total bujet yang dikeluarkan pemerintah. "Yang bisa saya katakan hanyalah, saat ini bujetnya sudah sangat membengkak, dan beberapa jumlah totalnya,saya belum tahu persis," kata dia.

Bujet sebesar itu sebenarnya sudah diperkirakan Trevor Manuel, Menteri Keuangan Afrika Selatan, karena pihaknya bertekad ingin menampilkan Piala Dunia terbaik sepanjang masa. "Tak ada kegembiraan yang bisa dilalui tanpa penderitaan," kata manuel. "Bahkan untuk itu, timnas sepak bola dan rugby Afsel rela tak dibayar untuk membangun stadion-stadion ini," guraunya.

Mahalnya Piala Dunia kali ini tak hanya datang dari biaya pembangunan. Pun para pemain yang datang ke Afsel pun memiliki banderol harga tinggi di dahi mereka.

Konsultan ekonomi internasional, Frontier Economics mengeluarkan daftar ranking harga-harga tim yang tampil di Piala Dunia. 

1. Spanyol yang satu skuadnya dihargai 303 juta euro. Dua pemain paling mahal adalah Andres Iniesta dan Fernando Torres yang dihargai 44 juta dan 43 juta euro. Jumlah itu belum memasukkan harga yang dikeluarkan Barcelona saat membeli David Villa dengan dana 40 juta euro.

2. Argentina dengan nilai pemain seharga 293 juta euro. Lionel Messi mewakili separuh dari nilai tersebut karena dibandrol dengan harga 140 juta euro. Pemain asal Madrid, Gonzalo Higuain mengikuti dibelakangnya dengan banderol 53 juta euro.

3. Inggris mempunyai banderol mencapai 263 juta euro

4. Brasil dengan total harga pemain 223 juta euro.

5. Portugal dengan total harga pemain 201 juta euro. 

6. Prancis dengan total harga pemain 180 juta euro.

7. Jerman dengan total harga pemain 156 juta euro.

8. Belanda dengan total harga pemain 156 juta euro.

9. Pantai Gading dengan total harga pemain 130 juta euro.

10. Italia dengan total harga pemain 127 juta euro.

Jadi total harga pemain yang tampil disana selama sebulan mencapai 2,032 juta euro atau sekita 2,517 juta dolar AS. Total dana sekitar Rp 78,78 triliun akan menjadi biaya perhelatan Piala Dunia 2010.
source: http://sohib-dika-bisnis.blogspot.com/2010/05/inilah-piala-dunia-termahal-sepanjang.html


0 comments:

Post a Comment

Pengen Bisnis Online Terpercaya

Daftar di Sini

Kumpul BLogger (Untuk Pemilik Blog/Web)

Adsense Camp (Untuk Pemilik Blog/Web)

Aw Surveys (Membayar Untuk Comment kita

Paypal (untuk bertransaksi di internet)

Co.cc (Tinggal Daftar Saja) Bingung Klik disini

Bigextracash (Affiliate/membayar untuk orang yang kita ajak gabung)

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites