Naga Laut yang Cantik



Naga Laut (Sea dragon) seperti halnya Kuda Laut (Sea Horses) adalah salah satu dari tipe Pipe fish. 

Naga laut, tidak seperti kuda laut yang memiliki ekor pengikat/pencengkeram. Namun, mereka mempunyai organ tambahan seperti alga yang membantu mereka untuk bergantung pada lamun. Organ ini juga membantu mereka untuk sembunyi didalam padang lamun yang sangat mereka sukai untuk hidup. Untuk membantu penyamaran mereka, naga laut bergerak maju mundur untuk menyamai gerak lamun ketika digerakkan oleh arus laut. Mereka memiliki berbagai warna, termasuk kuning, merah muda dan oranye 

Tubuh dari naga laut sangat keras seperti baju zirah. Bagian terluar dari kulit yang keras ini disebut ‘Hide’ terbuat dari cincin bertulang. Cangkang luar ini membuat tubuh naga laut menjadi berat sehingga susah bergerak dan mudah ditangkap. 

Naga laut suka makan udang mysid kecil yang disebut ‘sea-lice’, plankton dan ikan-ikan kecil. Mereka tidak punya gigi sehingga mereka makan dengan cara menyedot sedikit air yang mengandung mangsa mereka. 

Naga laut memiliki ritual pacaran yang terjadi sebelum mereka kimpoi. Selama waktu ini laki-laki mengalami perubahan warna yang cepat ketika dekat dengan perempuan. Naga laut jantan membawa telur. Ini dikenal sebagai Paternal Brooding. Naga laut wanita meletakkan sekitar 200 telur merah muda di brood patch laki-laki yang terletak di sisi bawah ekor. 

Naga laut merupakan spesies endemic di selatan WA dan Australia selatan. Mereka bias ditemukan di daerah yang punya padang lamun, padang alga dan sekitar terumbu karang. Dengan semakin berkurangnya padang lamun, naga laut semakin sempit ruang hidupnya. Mereka biasanya berenang di perairan dangkal tapi pernah juga terlihat di kedalaman 50 meter.
Naga laut dapat dipisahkan menjadi dua: 

1. Leafy Seadragon
2. Weedy Seadragon


1. Leafy Seadragon (Phycodurus equus)





Leafy seadragon mempunyai bagian tubuh seperti daun dari pada Weedy seadragon dan punya panjang kira-kira 15 cm. Spesies ini hanya ditemukan di pantai selatan Australia, Pulau Kangaroo, Australia selatan dan Rottnest Island.

2. Weedy Seadragon (Phyllopteryx taeniolatus)





Weedy seadragon hidup dalam batuan yang tertutup kelp (alga) sekitar pantai selatan Australia, dari New South Wales tengah hingga Rottnest Island, Australia Barat. Weedy seadragon mempunyai hidung seperti pipa dengan mulut terminal kecil. Makanan mereka adalah mysid dan udang2an kecil dan mereka hidup pada umumnya di habitat Algae. 


source: http://id.pricearea.com/story/story.php?title=fakta-sungguh-ini-adalah-sea-dragon-plus-full-pict---1

0 comments:

Post a Comment

Pengen Bisnis Online Terpercaya

Daftar di Sini

Kumpul BLogger (Untuk Pemilik Blog/Web)

Adsense Camp (Untuk Pemilik Blog/Web)

Aw Surveys (Membayar Untuk Comment kita

Paypal (untuk bertransaksi di internet)

Co.cc (Tinggal Daftar Saja) Bingung Klik disini

Bigextracash (Affiliate/membayar untuk orang yang kita ajak gabung)

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites